Cara Menghubungkan TV LED Ke Proyektor Dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Apakah anda sering menonton bareng acara sepak bola ? Tentunya anda pasti pernah berkeinginan untuk mencoba nonton bareng sepak bola di rumah. Banyak sekali jenis-jenis proyektor yang dapat digunakan untuk nonton bareng sepak bola. Harganya pun cukup bervariasi dari patokan harga 1 jutaan hingga 4 jutaan. Anda bisa dengan mudah mengadirkan acara nonton bareng di depan rumah anda cukup bermodalkan Proyektor dan TV LED. Memang pengoperasian proyektor agar bisa menampilkan gambar dari TV cukup susah (bagi orang awam), namun sebenarnya cukup mudah jika anda mengerti tentang input dan output kabel. Cara menghubungkan TV ke proyektor bisa anda coba dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

Cara Menghubungkan TV LED Ke Proyektor Dengan Mudah

Sebelum memulai langkah ini, pastikan semua perangkat dalam keadaan mati (TV dan Proyektor)


1. Lihat dalam buku manual atau petunjuk proyektor untuk spesifikasi pabrik pembuat dalam mengatur jarak permukaan proyeksi. Posisikan proyektor sesuai jarak yang tepat.

2. Sambungkan kabel dari jack "Video Out" di bagian belakang TV ke jack "Video In" di bagian belakang proyektor. Jenis koneksi akan tergantung pada model TV dan proyektor Anda. Kabel penghubung ini meliputi kabel RCA, HDMI, komponen dan komposit. Jenis kabel yang digunakan akan tergantung pada jenis koneksi yang akan Anda buat. Misalnya, untuk menghubungkan jack RCA "Video Out" di bagian belakang TV ke jack "Video In" di bagian belakang proyektor, gunakan kabel RCA. Tak semua proyektor memiliki kabel sambungan RCA namun sebagian besar proyektor teranyar sekarang pasti selalu disertai kabel sambungan ini.

3. Langkah ketiga nyalakan TV anda.

4. Masuk ke menu pengaturan TV dengan menggunakan remot kontrol TV. Cari setelan yang bertuliskan "Enable Video Out" atau "Auxiliary Video Out" dan pilih "ON" untuk mengaktifkan.

5. Hidupkan proyektor anda.

6. Tekan tombol "Menu" atau "Settings" pada proyektor untuk mengakses menu pengaturan. Ubah "Input Source" ke jack yang sesuai pada proyektor tempat Anda menghubungkan kabel video dari TV tadi.


Agar anda bisa melakukan nonton bareng diluar ruangan tanpa harus membawa TV, sebaiknya anda membeli receiver atau TV Tunner tak terlalu repot.

Pertanyaan yang sering diajukan :

1. TV saya hanya menyediakan colokan kabel "Video In", Apakah bisa ?
Tidak, karena sebagian besar TV hanya menyediakan colokan kabel "Video in". Agar bisa menyambungkan TV ke Proyektor harus ada tulisan "Video Out" pada perangkat TV anda. Video In disini maksudnya Video Input (masukan) sedangkan Video Out yakni Video Output (keluaran).
2. Bagaimana solusi untuk TV yang tidak memiliki colokan "Video Out" ?
Jika anda masih ingin menghubungkan TV ke Proyektor sebaiknya anda menggunakan Receiver, alat ini sebagai pengganti TV yang tidak tersedia colokan kabel video out. Anda bisa mencari alat ini di toko toko elektronik terdekat anda.

Artikel Terkait