Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Review & Harga HP RAM 2GB Sony Xperia Z5 Compact Terbaru

Review & Harga HP RAM 2GB Sony Xperia Z5 Compact Terbaru

Advertisement

Advertisement



Awal September 2015 lalu, Sony kembali meluncurkan beberapa varian sekaligus seri Xperia Z5 yang merupakan flagship penerus dari seri Z. Secara keseluruhan ada tiga seri Xperia Z5, diantaranya Xperia Z5 Premium, Xperia Z5, dan Xperia Z5 Compact. Sesuai namanya, Sony Xperia Z5 Compact merupakan varian terkecil yang kompak dan ditujukan bagi pengguna yang dinamis. Seperti desain smartphone Sony lainnya, Sony Xperia Z5 Compact ini memang masih terlihat sama. Hal yang sedikit membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil dibanding seri-seri Z yang telah hadir sebelumnya. Dengan tajuk - Compact, smartphone ini memang mengedepankan fisik yang lebih kecil sehingga praktis untuk segala aktivitas maupun kondisi. Simpan di saku celana ataupun baju menjadi lebih praktis. Simak harga Hp RAM 2GB Sony dan reviewnya dibawah ini :

Review & Harga HP RAM 2GB Sony Xperia Z5 Compact Terbaru

Meski berukuran cukup mungil, saya menyukai rancangannya yang nyaman digenggam. Sony masih menggunakan desain khas mereka yang berbentuk kotak dengan siku yang membulat di tiap sudutnya. Begitu pula dengan desain unibodinya yang membuat penempatan, slot kartu nano SIM dan SD card ditempatkan pada sisi-sisinya. Untuk membukanya, cukup dicongkel dengan kuku atau benda lainnya. Untuk sisi satunya, tersedia tiga tombol yaitu Power, Volume, dan Shutter. Sayangnya posisi tombol Volume ditempatkan terlalu kebawah dan berdekatan dengan tombol Shutter. Hal ini agak sedikit merepotkan saat menerima panggilan dan ingin mengatur besaran suara. Tombol Power tidak hanya digunakan untuk mengaktifkan layar, tetapi juga sebagai fingerprint scanner. Ya, Z5 Compact ini memang mendukung pemindaian sidik jari guna melindungi perangkat jika ingin diaktifkan oleh orang yang tidak berhak. Untuk mengaktifkannya, Anda mesti melakukan pengaturan terlebih dahulu melalui menu Settings. Untuk layarnya sendiri, Sony menggunakan jenis IPS LCD yang sudah dilengkapi dengan pelindung oleophobic coating. Guna mendukung hasil gambar yang tajam. layarnya menggunakan teknologi Triluminos yang juga disematkan pada TV HD besutan Sony. Dengan dukungan layar 720 x 1280 pixels dan kerapatan 323 ppi, gambar terlihat tajam meski dilihat dari berbagai sudut kemiringan. Layaknya-smartphone premium, kelengkapan sensor serta dukungan multitouch-nya cukup lengkap. Layarnya telah menggunakan 10 jenis sensor dan 10 titik sentuhan yang berarti sangat fleksibel bagi berbagai kebutuhan penggunaan, terutama untuk kebutuhan hiburan maupun multimedia.

Gambar Model Sony Xperia Z5 Compact Terbaru

HP Sony Xperia RAM 2GB ini Menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop, Sony tetap mempertahankan user interface besutan mereka guna memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai fitur maupun aplikasi mereka. Hanya saja kali ini fitur What's New tidak terletak di halaman utama, melainkan di halaman samping. Secara default Homescreennya sendiri terdiri dari 4 halaman. Untuk melihat kumpulan lebih lengkap, menggunakan app drawer. Yang menarik, disediakan aplikasi Sony Music yang di dalamnya terdapat kumpulan musisi yang berada di bawah naungan Sony. Dari sini pengguna bisa mendengar pilihan lagu yang tersedia secara gratis dan asiknya lagi bisa diunduh sehingga Anda bisa mendengarkannya meski dalam kondisi tidak terhubung internet. Untuk menjalankan file multimedia hanya disediakan dua aplikasi yaitu Video untuk memutar file video dan Play Music untuk audio Speaker bawaan terletak di bagian bawah layar, meski lubang speakernya berukuran cukup kecil, keluaran suaranya jernih dan cukup lantang saat disetel pada volume maksimal. Tidak terdapat pengaturan ataupun fitur khusus untuk menunjang keluaran suara. Untuk keluaran suara yang lebih bertenaga, Sony melengkapinya dengan teknologi audio beresolusi tinggi serta dukungan pengaturan berupa Clear Audio+ serta pengaturan Sound Effects. Jika Anda mendengarkan musik menggunakan headphone nirkabel, terdapat pula fitur audio DSEE HX yang akan meningkatkan kualitas keluaran suara agar lebih jernih.

Dari sisi hardware, Spesifiasi Sony Xperia Z5 Compact menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 octa-core yang merupakan perpaduan dari dua chip quad-core 1,5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 2 GHz Cortex-A57. Dengan chip grafis Adreno 430 serta RAM 2 GB, smartphone ini sudah memenuhi syarat untuk menjalankan berbagai aplikasi modern yang ada di Google Play Store. Terlihat pada skor uji yang dihasilkan aplikasi Benchmark standar. Semua berjalan mulus dan menghasilkan skor yang baik, meski bukan yang terbaik. Namun demikian, hasil ini membuktikan bahwa Sony Xperia Z5 Compact mampu menjalankan berbagai aplikasi modern dengan lancar. Namun bagi yang ingin menjalankan aplikasi atau game berat secara multitasking, perpindahan layar memang terdapat sedikit lag meski tidak terlalu mengganggu. Oleh karena itu, mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar akan membantu meringankan kinerjanya. Sistem operasinya menggunakan Android 5.1.1 Lollipop dengan UI bawaan Sony yang menyertakan banyak aplikasi tambahan guna memudahkan mengakses ke berbagai fitur Sony.

Dari segi baterai, Sony Xperia Z5 Compact memiliki manajemen daya yang cukup bagus. Ukuran kecil (terutama layar dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels) dan pemakaian aplikasi serta sistem operasi yang dipakai, menjadikan pemakaian baterainya cukup lama. Lewat aplikasi PCMark for Android, pengetesan baterai bisa kuat sampai 5 jam 58 menit. Hal tersebut masih ditambah dengan hadirnya fitur Battery Saver yang bakal menaikan daya konsumsi baterai. Ketika mengaktifkan fitur ini, smartphone akan mematikan beberapa fitur yang tidak terlalu penting sehingga konsumsi lebih irit. Secara umum. aplikasi kamera hanya menyediakan dua mode yaitu otomatis dan manual. Yang menarik, aplikasi kamera bawaan juga menyertakan berbagai mode atau pilihan efek hingga 19 macam. Jika kurang, Anda juga diberikan tautan untuk menambahkan beberapa efek tambahan lainnya guna mendapatkan hasil foto yang unik, kreatif, dan lebih menarik. Smartphone ini dibekali kamera utama dengan resolusi 23MP yang telah dipersenjatai dengan sensor Exmor RS andalan Sony. Didalamnya sudah disematkan Hybrid Autofocus yang membantu kamera dalam mendapatkan fokus terbaik secara otomatis dengan cepat. Fitur autofocus ini memiliki kecepatan 0,03 detik yang diklaim merupakan tercepat untuk sebuah smartphone. Saat saya uji, fungsi autofocusnya memang bekerja cukup cepat dalam membidik suatu objek. Anda bisa berpindah-pindah dalam membidik objek dan sensornya bekerja cukup baik dalam mendapatkan fokus terbaik. Hanya saja, sensor kamera kurang tajam saat membidik objek dari jarak dekat secara close-up atau makro. Hal ini membuat hasil jepretan pada jarak tersebut terlihat kurang tajam. Untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam, Anda bisa menggunakan mode manual. Hasilnya memang terlihat saat saya coba mengambil objek dari jarak dekat menggunakan dua mode berbeda tersebut. Menggunakan mode Superior Auto, hasil jepretan dalam kondisi outdoor ataupun indoor dengan pencahayaan cukup terlihat baik meski warna yang dihasilkannya terlihat cenderung pucat serta lebih terang. 

Namun demikian mode Superior Auto sudah cukup mumpuni, terutama bagi Anda yang tidak butuh detail yang tinggi serta repot-repot mengutak-atik pengaturan manual. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, memang Anda disarankan menggunakan pilihan mode manual. Kamera utama memiliki ISO hingga 12800 sehingga mampu menangkap gambar dalam gelap dengan lebih baik. Noise yang ditimbulkan memang terlihat dan hal ini sangat wajar, namun hasil jepretannya mampu menampilkan objek dengan lebih terang dalam kondisi gelap. Saya pun coba mengambil gambar pada objek gelap menggunakan tiga mode, yaitu mode auto, HDR, menggunakan lampu senter, dan lampu kilat. Hasilnya memang terlihat jelas dan tajam saat menggunakan lampu kilat. Namun mode auto dan HDR-pun mampu menampilkan objek dalam gelap. Untuk kamera depan, bermodal resolusi 5,1 MP, foto selfie mampu menghasilkan gambar yang tajam dan sesuai dengan kondisi ruang. Dilengkapi dengan sensor Exmor R serta mode Steady Shot untuk meminimalisir guncangan saat mengambil gambar. Untuk video, kamera utama mampu merekam hingga resolusi Full HD hingga 60 fps (frame per second) sedangkan kamera depan hingga resolusi Full HD dengan fps yang lebih rendah. Kamera depan dan belakang sama-sama memiliki fitur Smile shutter yang mana kamera akan otomatis mengambil gambar setelah sensor mendeteksi orang yang difoto sedang tersenyum.

Spesifikasi SONY Xperia Z5 Compact :

Qualcomm Snapdragon 810, Octa Core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57), GPU Adreno 430, 4.6 inch, 32GB Storage, 2GB RAM, Camera 23MP+5MP, Single SIM, LTE, Wifi, Bluetooth, NFC, Battery 2700mAh, Android OS v5.1.1 Lollipop
Harga Rp 7,700,000

Advertisement

Ditulis Oleh : Wiedha Nurul Fatimah

Artikel Review & Harga HP RAM 2GB Sony Xperia Z5 Compact Terbaru

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share dengan mengklik tombol share diatas artikel ini.