Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Orang Indonesia Telah Menjadikan Facebook Sebagai Lapak Jual Beli

Orang Indonesia Telah Menjadikan Facebook Sebagai Lapak Jual Beli

Advertisement

Advertisement



Eksekutif Produk Facebook, Chris Cox baru-baru ini mengeluarkan pernyataan cukup menarik. Ia mengatakan bahwa Facebook telah menjadi semacam ‘Craigslist’ (lapak jual beli) untuk orang—orang di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan oleh Cox saat berbicara di atas panggung pada konferensi WSJD Live Wall Street Journal. Cox menjelaskan bahwa orang di Indonesia menggunakan Facebook Groups sebagai sarana untuk menjual barang satu sama lain, dari pakaian bayi hingga suku cadang otomotif. Orang-orang semacam itu, hanya berniat untuk berdagang dan tidak begitu menaruh perhatian terhadap bahasan yang ada di group. Saat Facebook menyadari fenomena tersebut, mereka bukannya bertindak represif, melainkan mulai memikirkan bagaimana supaya interaksi semacam itu menjadi lebih mudah. Ketika Facebook melihat perilaku seperti itu muncul, hal tersebut selalu menjadi semacam usulan untuk kita dan mendorong kita untuk bisa berbuat yang lebih baik, kata Cox.

Orang Indonesia Telah Menjadikan Facebook Sebagai Lapak Jual Beli

Meskipun Cox tidak mengatakan secara langsung, perilaku pengguna Facebook yang menjadikan laman mereka sebagai ajang jual beli sebenarnya juga dipengaruhi oleh kecenderunagn Facebook sendiri untuk mengakomodasi kebutuhan e-commerce. Contohnya adalah perubahan layout Page dan pemunculan kanal Shopping yang memungkinkan untuk melakukan kurasi (pengumpuian) berbagai produk yang relevan dalam satu tempat yang dapat diakses oleh pengguna Facebook. Item yang muncul akan didasarkan pada Pages yang di like oleh pengguna, serta barang-barang yang sering dijual di group yang pengguna ikut menjadi membernya. Facebook commerce merupakan sebuah kesempatan besar bagi perusahaan-prusahaan penyedia produk. Komentar Cox mengenai fenomena jual beli di Facebook oleh penguna di Indonesia menunjukkan bahwa Facebook sedang mencoba untuk menyiapkan segala sesuatunya menjadi lebih baik dengan menyediakan fitur-fitur baru. Contoh ini di Indonesia adalah perilaku yang paling menarik yang terjadi di dalam perdagangan di Facebook, kata Cox. Orang-orang benar-benar berhubungan satu sama lain untuk bertukar barang. Dorong Jualan Online, Facebook Tambahkan Tab Shop Facebook telah mengambil langkah strategis untuk memuluskan tujuannya memudahkan produsen barang untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan penjualannya pada perangkat mobile.

Facebook baru-baru ini telah menguji tombol “buy now" tombol di artikel pada bagian newsfeed. Sekarang, Facebook sedang menguji tab “shop” sebagai tab tambahan, bersama dengan tab newsfeed, pages, dan groups. Tab Shop mengumpulkan berbagai produk dalam satu kanal yang ada di Pages Facebook. Tab ini dirancang untuk menjadi satu tempat terintegrasi bagi orang-orang untuk lebih mudah menemukan, berbagi dan membeli produk, demikian keterangan yang dimuat di blog Facebook. Masih dalam postingan blog tersebut, Facebook mengatakan bahwa inovasi tersebut dimunculkan untuk menanggapi permintaan konsumen, dan menindaklanjuti survei yang menunjukkan bahwa hampir setengah dari orang-orang yang datang ke Facebook secara aktif mencari produk yang diinginkan. lnovasi Facebook akan mulai dengan berbagai produk yang akan dijual di Pages, dan pengguna akan dapat membeli di sana, tanpa harus mengklik ke situs web penjual Facebook kemudian berencana untuk mengeksplorasi dengan menambahkan produk yang orang jual satu sama lain, mirip seperti eBay. Hal ini dilakukan karena semakin populernya group jual beli di Facebook. Facebook saat ini juga dikabarkan sedang menguji fitur unit iklan baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari produk saat sedang menggunakan aplikasi, dan hanya meninggalkan aplikasi ketika sudah memutuskan untuk membeli.

Advertisement

Ditulis Oleh : Wiedha Nurul Fatimah

Artikel Orang Indonesia Telah Menjadikan Facebook Sebagai Lapak Jual Beli

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share dengan mengklik tombol share diatas artikel ini.