Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Ini Dia 3 Ponsel Paling Aman Dari Serangan Virus Atau Hacker

Ini Dia 3 Ponsel Paling Aman Dari Serangan Virus Atau Hacker

Advertisement

Advertisement



Ketika fitur keamanan menjadi fitur penting yang didambakan pengguna, maka pihak vendor akan segera menjawabnya. Tak heran jika akhir-akhir ini, tiba-tiba ada fenomena dimana fitur keamanan data dan komunikasi menjadi salah satu hal yang menjadi penting bagi perangkat ponsel, terutama Android. Sejumlah ponsel muncul dengan membawa fitur keamanan sebagai bahan jualan mereka. Ada yang terselubung, menjadikan fitur keamanan sebagai salah satu dari sekian banyak fitur yang mereka bawa, alias bukan fitur unggulan nomor 1. Ada juga yang terang terangan menyebut produk mereka sebagai produk ponsel paling aman yang ada di dunia. Hampir semuanya adalah ponsel Android. Atau setidaknya ekosistem yang dijalankan ponsel dibangun dari OS Android, dengan penambalan di sana sini sehingga bisa diklaim oleh mereka sebagai OS baru, yang mana sebenarnya adalah Custom deface. 

Tergantung dari sisi apakah keamanan yang dimaksud, apakah memang benar-benar aman dari serbuan malware, alias virus berbahaya dari luar, atau dengan cara mengamankan semua koneksi berdasarkan tingkat kerentanan koneksi tersebut, semua berhak melakukan klaim. Tidak ada yang salah dari itu semua. Di sisi lain, kita mendengar bahwa BlackBerry, sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan layanan berbasis server dengan kualitas keamanan yang sudah teruji, juga ikut terjun memperkenalkan ponsel jenis ini dengan balutan OS milik Google. Beberapa merek baru juga menawarkan produk dengan level keamanan yang sama, dengan sistem operasi yang mereka klaim terbaru (namun tetap berbasis Android) tapi tanpa server terdedikasi, apakah itu mungkin? Setidaknya, mereka mengklaim demikian. Jikalau ponsel mereka aman. Dan saya telah menemukan 4 ponsel di antara banyak produk yang mengklaim aman. 4 Ponsel paling aman ini diantaranya adalah :

1. BlackBerry Priv

BlackBerry Priv

Tanpa mengurangi ‘hype’ bahwasannya ponsel ini bakal menjadi produk BlackBerry yang membesut OS Android untuk pertama kali, sebenarnya Priv juga lebih cenderung ke fitur keamanan. Kata Priv diambil dari kata Privacy atau privasi, produk ini disebut sebut bisa mengamankan data privasi Anda yang tersimpan pada ponsel serta membuatnya menjadi produk Android paling aman yang pernah ada. Secara teori ini memungkinkan sekali. Membayangkan dua nama besar bergabung menjadi satu, Google serta BlackBerry di dalam sebuah perangkat yang menurut saya juga cukup bagus dari sisi penampilan, cukup membuat saya berfikir kenapa tidak? BlackBerry sudah lebih dari sekedar berpengalaman dalam mengamankan data pribadi Anda dengan layanan Internet BlackBerry serta server yang terdedikasi miliknya. 

Jika Google memiliki lubang dalam OS-nya, maka setidaknya data Anda dalam genggaman ‘tangan' yang siap mengamankan. Kombinasi ini cukup menjanjikan, setidaknya itu yang mereka presentasikan tentang BlackBerry Priv. Dengan kata lain, meskipun kita tidak bisa menganggap remeh sistem security milik Google, kita bisa menjamin keamanan data pribadi dengan bantuan BlackBerry server yang terkenal aman. Tidak ada jaminan yang kongkret memang, terutama jika kita sadar, bahwa ponsel ini bahkan belum dirilis terutama untuk pasar Indonesia. Tapi jika boleh berspekulasi, siapapun berani membayar mahal untuk keamanan data dan kenyamanan dalam menyimpan file-file yang bersifat pribadi. Direncanakan luncur awal November tahun ini, Priv yang juga membawa layar 5,4 inci, kamera berlensa Schneider-5 Kreuznach 18 megapixel, prosesor 6 inti, baterai 3.410 mAh dan Android Lollipop ini dijual dengan harga pre-order sekitar Rp 12 jutaan.

 2. Blackphone 2

Blackphone 2

Ponsel teraman berikutnya yakni, Blackphone 2. Blackphone 2 bukanlah suatu ponsel dengan layar ukuran 5 inci biasa. Meskipun mengusung spesifikasi yang bisa dikatakan biasa, contohnya prosesor 8 inti dari Qualcomm 64 bit, RAM 3GB, baterai berkapasitas 3.060 mAh serta Ul custom yang disebut sebagai Private OS 1.1. Ponsel tersebut juga menawarkan keamanan berlapis khas ponsel serta layanan yang berbasis enterprise. Para pencipta yang menamakan diri Silent Circle memang jarang terdengar di ranah ponsel, tetapi siapa sangka orang-orang yang berada di balik perusahaan tersebut merupakan orang-orang yang telah lama bergelut di dunia keamanan. Orang orang ini diantaranya ada mantan Navy SEAL bernama Mike Janke, serta seorang cryptographer atau ahli keamanan software bernama Jon Callas. Ponsel tersebut dikabarkan bisa mengamankan jalur data buat mengurangi terjadinya penetrasi virus serta mengamankan data pribadi dari kemungkinan terhapus atau ter-ambil serta terpapar ke publik oleh virus-virus tersebut. Ada proses enkripsi dan pembagian kompartemen, dimana seakan-akan ada banyak ponsel di dalam Blackphone. Seperti halnya mode-mode berbeda di dalam notifikasi. semisal nada dering on untuk biasa, atau nada dering off untuk mode rapat, seperti itulah kira-kira kompartemen yang dibuat oleh Blackphone. Dimana ponsel juga kemudian akan mengenali koneksi data, apakah aman untuk ponsel atau dinilai dari tingkat kerentanannya.

Sebagai contoh, jika Anda tersambung dengan Wi-Fi jaringan di rumah, serta Anda mengenalinya sebagai lingkungan yang tertutup, maka security akan dibuat longgar. sebaliknya di area umum atau hotspot di tempat-tempat umum, security akan lebih ketat. Fitur yang dianggap paling tepat untuk menyebutnya sebagai ponsel teraman sebenarnya hanya bisa dirasakan antar pengguna ponsel BlackPhone saja. Semisal aplikasi Silent Meeting yang merupakan satu dari sekian banyak aplikasi Silent suite. Dimana Anda bisa melakukan telepon konferensi hingga 50 peserta. Harga Blackphone 2 terbaru ini dijual dengan harga 8,5 jutaan.

3. Turing Phone

Turing Phone

Ponsel dengan layar 5.5 inci besutan Turing ini memang bisa dikatan berbeda dari yang lain. Turing berkomitmen pada keamanan, ponsel tersebut bahkan tidak diperlengkap dengan port microUSB serta jack headphone. Menggunakan sensor sidik jari sebagai pengunci ponsel serta juga desain yang terlihat menarik, Turing Phone mengusung Android Lollipop yang telah dikustom habis buat mengamankan data pribadi Anda serta juga kegiatan berponsel yang sudah sepatutnya menjadi privasi. Kemudian bagaimana cara nge-cas baterai? Ponsel tersebut membawa konektor chargernya sendiri. Menjadikannya susah dicas oleh orang lain. 

Maka akan aman dari pengisian baterai oleh orang lain serta Turing Phone berhasil memenciptakannya hanya dalam bagian desain saja. Cara yang diambil oleh Turing Phone tersebut mengingatkan kita pada iPhone di awal-awal perilisannya. Menonaktifkan fungsi mengirim file lewat Bluetooth, protokol dengan lapis pada sambungan USB, bahkan buat mengirim lagu dari folder PC ke ponsel serta memperketat penyaringan aplikasi yang dapat terinstal ke dalam iPhone dianggap sebagai salah satu cara mengurangi kemungkinan terbukanya pintu belakang yang bisa disusupi virus. Tapi lain iPhone lain Turing Phone. Seperti halnya BlackPhone, ponsel ini juga membawa teknologi berkirim pesan dengan enkripsi. Artinya dari ekosistem software juga, mereka menyediakan lapisan keamanan tambahan. Pesan yang terkirim dan masuk ke dalam ponsel Anda tidak dapat dibaca oleh siapapun kecuali pengguna yang memegang akses ke dalam ponsel ini. Kemungkinan untuk ‘terambil' oleh mereka yang bermaksud jahat akan kecii. 

Kalaupun lolos, mereka harus berhadapan dengan proses enkripsi. Untuk melakukan ini, Anda harus terhubung dengan internet. Belum jelas apakah mereka menggunakan server terdedikasi layaknya BlackBerry atau tidak. Apabila Anda tetap membutuhkan koneksi USB, jack headphone, tambahan storage hingga 128 GB, baterai tambahan 3000 mAh dan teknoiogi WiGig, Turing punya Turing Armor sebagai casing tambahan. Menawarkan layar full HD 1080p, prosesor Snapdragon 801 dari Qualcomm, RAM 3GB, kamera 13 megapixel dan baterai 3000 mAh, ponsel ini menawarkan tiga varian berdasarkan jurnlah memori penyimpanan yang terinstal di dalam. Yakni versi standar 32 GB, 64 GB dan 128 GB.

Advertisement

Ditulis Oleh : Wiedha Nurul Fatimah

Artikel Ini Dia 3 Ponsel Paling Aman Dari Serangan Virus Atau Hacker

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share dengan mengklik tombol share diatas artikel ini.